TNC NEWS

Setelah Aljazeera, Teroris Israel Hentikan Siaran Associated Press, Peralatannya Disita

  


TRANSFORMASINUSA NEWS | Otoritas teroris Israel menyita kamera dan peralatan siaran milik Associated Press, dengan alasan pelanggaran undang-undang baru tentang media yang sebelumnya digunakan untuk melarang siaran jaringan Al Jazeera.

Pasukan pendudukan bersama staf Kementerian Komunikasi Israel menggerebek kantor Associated Press di pemukiman “Sderot,” menyita peralatan, dan menyerahkan dokumen yang ditandatangani oleh Menteri Komunikasi Shlomo Karhi. Mereka menuduh kantor berita tersebut melanggar undang-undang siaran asing baru di Israel.

Sebelum peralatan disita dan siaran dihentikan, Associated Press menayangkan pemandangan umum utara Gaza.

Associated Press menegaskan bahwa mereka “mematuhi aturan sensor militer Israel, yang melarang menyiarkan detail seperti pergerakan pasukan yang bisa membahayakan tentara.”

Siaran langsung tersebut biasanya menampilkan asap yang membubung di langit Gaza.

Penyitaan ini mengikuti perintah lisan yang dikeluarkan pada Kamis untuk menghentikan siaran langsung, yang ditolak oleh Associated Press.

Lauren Easton, Wakil Presiden Associated Press untuk urusan komunikasi perusahaan, mengatakan, “Associated Press mengutuk tindakan pemerintah Israel yang menghentikan siaran langsung kami yang telah berlangsung lama dan menampilkan pemandangan Gaza, serta menyita peralatan kami.”

Dia menambahkan bahwa langkah tersebut “tidak didasarkan pada konten siaran, tetapi pada penggunaan sewenang-wenang undang-undang siaran asing baru oleh pemerintah Israel.”

Associated Press mendesak otoritas pendudukan Israel untuk mengembalikan peralatan mereka dan memungkinkan mereka melanjutkan siaran langsung segera, agar dapat terus menyediakan jurnalisme visual penting bagi ribuan media di seluruh dunia.

Otoritas pendudukan Israel sebelumnya telah menggunakan undang-undang baru ini untuk menutup kantor Al Jazeera pada 5 Mei, menyita peralatannya, melarang siarannya, dan memblokir situs webnya.

Pemimpin oposisi Israel, Yair Lapid, mengatakan bahwa penyitaan peralatan dari Associated Press, kantor berita terbesar di dunia, oleh staf Shlomo Karhi, adalah tindakan gila. “Ini bukan Al Jazeera, ini media Amerika yang telah memenangkan 53 Penghargaan Pulitzer.”

Dia menambahkan, “Pemerintah ini bertindak seolah-olah mereka bertekad memastikan bahwa Israel akan terisolasi di seluruh dunia. Mereka benar-benar kehilangan akal.”

Langkah penutupan kantor Al Jazeera oleh pemerintah pendudukan pada 5 Mei ini mendapat kecaman luas dari serikat pers internasional dan organisasi hak asasi manusia sebagai serangan terhadap kebebasan pers dan upaya untuk membungkam Al Jazeera karena liputannya tentang perang.

0 Komentar

Advertisement
Advertisement
Advertisement
© Copyright 2022 - TNC NEWS