TNC NEWS

Pembangunan IKN Sudah Habiskan Rp68,57 Triliun

  


TRANSFORMASINUSA.COM | Pembangunan infrastruktur untuk mendukung realisasi Ibu Kota Nusantara (IKN) telah mencapai dua tahapan utama yang terbagi dalam periode 2022-2024.

Pada fase pertama, yang sering disebut sebagai batch 1, terdapat 40 paket pekerjaan yang telah mencapai kemajuan fisik sebesar 74,87 persen pada tanggal 15 Februari 2024.

Sementara itu, pada fase kedua atau batch 2, terdapat 49 paket pekerjaan dengan progres fisik yang masih pada tahap awal, mencapai 24 persen.

Tahapan ini diatur dengan jelas dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2022 mengenai Perincian Rencana Induk IKN, khususnya dalam Bab VI yang menguraikan Penahapan Pembangunan IKN.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menegaskan bahwa kemajuan fisik pembangunan infrastruktur IKN telah sesuai dengan jadwal pelaksanaan dan target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.

Basuki menyambut baik proses audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) guna memastikan bahwa seluruh aktivitas di IKN dilakukan dengan tata kelola yang baik.

Presiden Joko Widodo telah melakukan empat kali upacara groundbreaking untuk proyek-proyek penting seperti gedung perkantoran, rumah sakit, dan hotel.

Adapun pembangunan jalan tol sebagai akses utama ke IKN juga telah mencapai progres yang mengesankan. Seksi 3A hingga 5A sudah mencapai progres masing-masing 70,9 persen, 70 persen, dan 77,8 persen.

Sedangkan dalam batch kedua, pembangunan 47 tower hunian untuk ASN, TNI, dan Polri masih berlangsung, dengan harapan akan selesai pada bulan Juli 2024 mendatang.



RED ] SAPARUDIN

0 Komentar

Advertisement
Advertisement
Advertisement
© Copyright 2022 - TNC NEWS