TNC NEWS

Gerhana di Tahun 2024, 2 Kali pada Bulan Ramadhan

 


TRANSFORMASINUSA.COM | Seperti terhalang cahaya Matahari oleh Bulan yang menyebabkan terjadinya Gerhana Matahari dan terhalang cahaya Matahari oleh Bumi yang menyebabkan Gerhana Bulan.

Namun tidak setiap bulan baru akan terjadi Gerhana Matahari dan setiap bulan purnama terjadi Gerhana Bulan.

Gerhana Matahari terjadi pada fase bulan baru (new moon).

Sedangkan Gerhana Bulan terjadi pada fase bulan purnama (full moon).

Memperkirakan pada Ramadhan tahun ini akan terjadi gerhana matahari. Hal ini karena terjadi konjungsi matahari dan bulan menjelang 1 Syawal 1445 H.

Terkait dengan fenomena gerhana yang terjadi di bulan Ramadhan ini, pemerintah sebenarnya sudah memberikan keterangan resminya. Secara akurat perhitungan telah dilakukan, dan setidaknya akan ada dua gerhana selama bulan Ramadhan 1445 H ini.

Pertama yang akan terjadi adalah gerhana bulan penumbra, pada tanggal 25 Maret 2024 mendatang. Gerhana bulan penumbra terjadi ketika posisi bulan sejajar dengan matahari dan bumi. Namun demikian fenomena ini tidak akan terlihat dari Indonesia sebab hanya akan terjadi dalam waktu singkat.

Fenomena kedua akan terjadi di tanggal 8 April 2024 mendatang berupa gerhana matahari. Gerhana ini akan terjadi secara penuh, dan membuat bagian bumi yang terdampak mengalami gelap selama beberapa saat. Namun demikian fenomena ini akan tampak jelas di area Eropa Barat, Amerika Utara, Amerika Selatan, Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Arktik.


[ RED ] EDI SUNJAYA

0 Komentar

Advertisement
Advertisement
Advertisement
© Copyright 2022 - TNC NEWS